Advertisements

Texas community still grapples with fallout from 2018 school shooting : Shots

Advertisements

Reagan Gaona berdiri di samping tugu peringatan Unfillable Chair di depan SMA Santa Fe di Texas. Peringatan itu didedikasikan untuk delapan siswa dan dua guru yang tewas dalam penembakan Mei 2018. Di sebelah kiri adalah tanda solidaritas dengan Uvalde, Texas, kota yang mengalami penembakan sekolah serupa pada Mei 2022. Renuka Rayasam/Kaiser Health News menyembunyikan keterangan

beralih teks

Advertisements

Renuka Rayasam/Kaiser Berita Kesehatan

Pada Mei 2018, setelah penembakan di sekolah menengah atas yang menewaskan 10 orang, Pusat Ketahanan Santa Fe, Texas, dibuka di sebuah gereja. Setiap penghuni dapat menemui konselor, menghadiri kelompok pendukung, dan mengambil bagian dalam kelas mewarnai mandala penyembuhan, terapi musik, atau lokakarya tentang pertolongan pertama emosional — semuanya gratis.

Advertisements

Saat ini, pusatnya berada di mal yang diapit di antara restoran makanan laut dan etalase toko yang kosong. Pada suatu malam baru-baru ini, alih-alih pasien memenuhi ruang tunggu, konselor melihat klien melalui video dari kantor mereka. Pusatnya terlihat kosong, tetapi menurut terapis, kebutuhannya masih ada.

logo KHN

“Masih banyak rasa sakit,” kata Jacquelyn Poteet, terapis cerewet yang mengelola pusat itu. Sekitar 186 orang menemui konselor setiap bulan, tetapi dia mengatakan jauh lebih banyak orang mungkin membutuhkan layanan di kota berpenduduk hampir 13.000 orang itu. “Banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka punya trauma.”

Advertisements

Baru-baru ini, katanya, seorang mantan siswa sekolah menengah telah berpikir untuk bunuh diri. Itu adalah “panggilan yang sangat dekat,” katanya. “Kami tidak keluar dari hutan.”

Dalam empat tahun terakhir, jutaan dolar untuk layanan kesehatan mental telah membanjiri kota ini, yang terasa terpencil meskipun hanya berjarak 6 mil dari jalan raya yang menghubungkan Houston dan Galveston. Tetapi pelajaran dari Santa Fe, dalam satu tahun di mana AS rata-rata melakukan lebih dari satu penembakan massal sehari, adalah bahwa waktu dan uang pun belum menyembuhkan kesedihan mendalam yang berkepanjangan yang unik untuk peristiwa semacam itu. Santa Fe, seperti komunitas di seluruh negeri, telah berubah selamanya.

Sebagian besar penduduk setempat setuju bahwa empat tahun setelah hal yang tak terpikirkan terjadi, Santa Fe masih terhuyung-huyung dari 30 menit antara tembakan pembuka pria bersenjata berusia 17 tahun itu dan penyerahannya kepada polisi. Dan mereka masih bergulat dengan segala sesuatu yang terjadi setelahnya — perkelahian dewan sekolah, pergantian Balai Kota, persidangan penembak yang masih tertunda, dan bahkan konflik atas penawaran kesehatan mental yang diberikan sebagai tanggapan.

Advertisements

Beberapa orang skeptis terhadap terapis

Trauma abadi di sini berfungsi sebagai kisah peringatan bagi penduduk Highland Park, Illinois; Uvalde, Texas; Buffalo, NY — dan di tempat lain yang terkena dampak kekerasan semacam itu. Pengalaman Santa Fe mengungkapkan pentingnya dan tantangan untuk membangun sumber daya kesehatan mental dengan cepat dan berkelanjutan, terutama di komunitas yang tidak memilikinya sebelum peristiwa traumatis itu.

Sebelum penembakan, beberapa terapis bekerja langsung di Santa Fe. Dan seperti beberapa komunitas kecil di pedesaan Amerika, ini adalah tempat di mana banyak orang skeptis terhadap terapis, baik tidak menyadari bahwa mereka membutuhkan bantuan atau hanya lebih memilih untuk mengabaikan rasa sakit. Empat tahun kemudian, Santa Fe masih terperosok dalam kesedihan, sama seperti dana federal yang membantu membangun infrastruktur kesehatan mental lokalnya surut.

Advertisements

Setelah penembakan, negara bagian membentuk Texas Child Mental Health Care Consortium, yang mencakup program yang membantu sekolah menghubungkan anak-anak dengan spesialis kesehatan mental secara virtual dalam waktu dua minggu. Tetapi program itu telah diluncurkan hingga 40% dari populasi siswa negara bagian sejauh ini — dan program itu belum mencapai Uvalde sebelum penembakan di sekolah bulan Mei.

“Mengingat Uvalde, ada keinginan untuk membuat program ini sepenuhnya di seluruh negara bagian,” kata Dr. David Lakey, ketua konsorsium dan wakil rektor untuk urusan kesehatan di University of Texas System.

Reagan Gaona menandatangani penghormatan dari siswa di Santa Fe, Texas, kepada mereka di Uvalde, di mana 19 siswa dan dua guru ditembak mati. Renuka Rayasam/Kaiser Health News menyembunyikan keterangan

See also  FAQ: New COVID Omicron Boosters

beralih teks

Renuka Rayasam/Kaiser Berita Kesehatan

Pada bulan Juni, Gubernur Republik Greg Abbott mengumumkan bahwa Texas akan menghabiskan $5 juta untuk pusat ketahanan di Uvalde. Kota itu juga sebelumnya memiliki sedikit layanan kesehatan mental. Delapan tahun yang lalu, Kongres mulai mendanai klinik kesehatan perilaku masyarakat, tetapi mereka lambat menyebar ke seluruh negeri. Upaya federal baru bertujuan untuk memperluasnya lebih jauh.

Masyarakat yang pernah mengalami penembakan massal menggambarkan jangkauan jangka panjang dari trauma tersebut. Pada 2019, enam tahun setelah putri Jeremy Richman, Avielle, terbunuh dalam penembakan di Sekolah Dasar Sandy Hook, dia bunuh diri. Belakangan tahun itu, korban penembakan Columbine Austin Eubanks meninggal karena overdosis heroin yang tidak disengaja pada usia 37, dua dekade setelah dia terluka dan sahabatnya terbunuh.

Setelah penembakan, orang-orang idealnya memiliki akses ke layanan melalui beberapa rute: dokter perawatan primer mereka, spesialis dalam desensitisasi gerakan mata dan terapi pemrosesan ulang, dan bahkan program perawatan residensial, kata Dr. Shaili Jain, pakar gangguan stres pasca-trauma dan trauma di Universitas Stanford. “Bagaimana masa depan anak-anak yang selamat dari peristiwa traumatis besar ini jika mereka tidak mendapatkan bantuan kesehatan mental yang mereka butuhkan?” dia berkata.

Para ahli mengatakan kita dapat mencegah penembakan di sekolah.  Inilah yang dikatakan penelitian

Setelah penembakan Santa Fe pada tahun 2018, “semua orang berebut” untuk mengatur respons kesehatan mental, kata Deedra Van Ness, yang putrinya menyaksikan serangan itu. Pejabat Santa Fe dan kelompok kesehatan mental mengajukan hibah melalui Victims of Crime Act Fund federal, yang menarik uang dari denda pidana, obligasi yang hangus, dan biaya pengadilan federal lainnya. Kota itu mendirikan pusat ketahanan di sebuah gereja Metodis yang digunakan Palang Merah untuk operasi krisis awal karena itu adalah salah satu dari sedikit bangunan dengan ruang di komunitas yang luas.

Putri Van Ness, Isabelle Laymance, telah menghabiskan 30 menit terkunci di lemari persediaan ruang seni, yang ditembakkan oleh penembak, menewaskan beberapa remaja. Van Ness mengirim Laymance, sekarang 19 tahun, ke spesialis PTSD remaja di Clear Lake City terdekat selama sembilan bulan, yang biayanya mencapai $300 per bulan dengan asuransi, sebelum memindahkannya ke pusat ketahanan. Di sana dia dirujuk ke Pusat Trauma dan Duka di Rumah Sakit Anak Texas. Kunjungannya gratis, tetapi biaya pengobatan psikiatrisnya sekitar $20 per bulan.

Van Ness mengatakan putrinya akan mengalami serangan panik selama berjam-jam di sekolah, tempat yang sama di mana penembakan itu terjadi. Dia absen selama lebih dari 100 hari selama tahun keduanya. Pada satu titik, kata Van Ness, dia dan keluarganya pergi ke pusat ketahanan setiap hari untuk menghadiri konseling keluarga dan menggunakan layanan lain.

Jacquelyn Poteet memimpin Pusat Ketahanan Santa Fe, yang melayani kebutuhan kesehatan mental kota Texas setelah penembakan massal di sekolah pada 2018. “Banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka mengalami trauma,” kata Poteet. Renuka Rayasam/Kaiser Health News menyembunyikan keterangan

beralih teks

Renuka Rayasam/Kaiser Berita Kesehatan

Flo Rice, seorang guru pengganti yang terluka dalam penembakan di Santa Fe, dapat segera menghubungi seorang konselor dari Pusat Layanan Keluarga Galveston yang suatu hari muncul di kamar rumah sakitnya. Selama bertahun-tahun dia menelepon, mengirim SMS, dan melihatnya secara gratis. Tapi Rice selamanya berubah. Dia tidak bisa berada di dekat sekolah atau pergi ke restoran. Dia tidak bisa tidur tanpa obat.

“PTSD, bagi saya, itu seumur hidup,” kata Rice.

Negara bagian telah memberikan $7 juta kepada penyedia layanan, kota dan distrik sekolah melalui dana korban kejahatan federal sebagai tanggapan atas penembakan tersebut, menurut kantor gubernur. Namun, jumlahnya menurun setiap tahun, dengan beberapa kelompok tidak lagi menerima dana, menurut catatan negara.

Kota itu sendiri tidak memiliki anggaran untuk mendanai program semacam itu, kata Wali Kota Santa Fe Bill Pittman.

Apa yang harus dikatakan kepada anak-anak tentang penembakan di sekolah untuk mengurangi stres mereka

Kurangnya sumber daya mewakili kesenjangan perawatan kesehatan mental yang lebih besar di negara bagian, kata Greg Hansch, direktur eksekutif dari Aliansi Nasional untuk Penyakit Mental cabang Texas. Tidak seperti kebanyakan negara bagian, Texas tidak memperluas kelayakan untuk Medicaid, program negara bagian federal untuk orang Amerika berpenghasilan rendah yang merupakan pembayar tunggal layanan kesehatan mental terbesar di negara tersebut. Dan negara bagian, seperti banyak negara lain, sangat kekurangan pekerja perawatan kesehatan mental. Lebih dari setengah populasi Texas tinggal di daerah dengan kekurangan profesional perawatan kesehatan mental, menurut KFF.

See also  Gout Flares Linked to Transient Jump in MI, Stroke Risk

Komunitas Santa Fe terpecah antara melupakan dan berduka. Tugu peringatan untuk delapan siswa dan dua guru yang terbunuh menghiasi kota ini. Sebuah kursi aluminium kosong setinggi 8 kaki berdiri di depan sekolah menengah. Sepuluh salib putih ditanam di rerumputan di sebelah Pusat Kristen Maranatha. Bangku hijau dan hitam yang terbuat dari tutup plastik daur ulang terletak di perpustakaan dan taman terapi di belakang Balai Kota.

Pernikahan dan pendidikan terganggu

Korban emosional jangka panjang juga tetap terlihat, menurut Poteet. Banyak siswa pergi ke perguruan tinggi tetapi pulang setelah satu tahun. Pernikahan berantakan. Anak-anak beralih ke alkohol atau obat-obatan.

“Kota ini masih sangat marah,” kata Mandy Jordan, yang putranya selamat karena dia terlambat ke sekolah pada hari penembakan itu. Dia dan keluarganya akhirnya pindah dari Santa Fe. “Itu hampir di udara.”

Namun sejauh ini, tidak ada kasus bunuh diri yang terkait dengan penembakan tersebut. “Atas karunia Tuhan hal itu tidak terjadi,” kata Poteet.

Tato mawar Reagan Gaona mencantumkan tanggal penembakan di SMA Santa Fe: 18 Mei 2018. Pacarnya, Chris Stone, termasuk di antara mereka yang terbunuh. Renuka Rayasam/Kaiser Health News menyembunyikan keterangan

beralih teks

Renuka Rayasam/Kaiser Berita Kesehatan

Tato mawar Reagan Gaona mencantumkan tanggal penembakan di SMA Santa Fe: 18 Mei 2018. Pacarnya, Chris Stone, termasuk di antara mereka yang terbunuh.

Renuka Rayasam/Kaiser Berita Kesehatan

Reagan Gaona, 19, memuji terapis karena membantu menyelamatkan hidupnya. Gaona sedang menyelesaikan tahun keduanya ketika pacarnya, Chris Stone, terbunuh di sekolah. Butuh tiga terapis untuk menemukan yang pas. Sekarang, di satu sisi lengan kiri Gaona, dia memiliki tato mawar di samping tanggal penembakan, 18 Mei 2018, dan di sisi lain kupu-kupu dengan titik koma sebagai tubuh, menandakan kesadaran kesehatan mental dan pencegahan bunuh diri. Ini mewakili “bahwa saya terbang keluar dari depresi saya dan bahwa saya mengembangkan sayap saya,” katanya. “Bahwa aku cantik.”

Gaona sering mengalami serangan panik dan kejang otot terkait kecemasan. Dia kuliah di Kansas selama satu tahun dengan beasiswa softball sebelum pindah kembali ke daerah tersebut. Dia merasa lebih baik, tetapi mengatakan dia juga “merasa kosong.”

Penembakan itu juga menggagalkan rencana Laymance. Dia berniat kuliah dengan beasiswa bowling untuk belajar desain interior.

Tapi PTSD telah menjadi kendala utama. Dia menderita kehilangan ingatan jangka pendek. Ketika dia pergi ke orientasi di sebuah perguruan tinggi junior, dia merasa tidak aman mendengar tentang kebijakan open-carry Texas di kampus. Dia ingin pergi — dan belajar psikologi — tetapi untuk saat ini, dia bekerja sebagai asisten manajer di Sonic, sebuah restoran cepat saji.

Van Ness mengatakan orang yang menjadi putrinya hari itu meninggal. Putrinya sedang berusaha mencari tahu siapa dia sekarang.

“Kami sama bangganya dengan kemajuannya seperti halnya kami dengan hampir semua keputusan yang dia pilih,” kata Van Ness, “selama dia terus memilih hidup.”

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mungkin sedang mempertimbangkan untuk bunuh diri, hubungi National Suicide Prevention Lifeline di 988.

KHN (Kaiser Health News) adalah ruang berita nasional yang memproduksi jurnalisme mendalam tentang masalah kesehatan. Ini adalah program operasi independen dari KFF (Kaiser Family Foundation).

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.