Advertisements
Manfaat biji pepaya

Ternyata Ini 12 Manfaat Biji Pepaya

Advertisements

Dikutip dari sebuah studi berjudul “Antioxidant activity of papaya seed extracts”, biji buah pepaya mengandung dua senyawa yang bertindak sebagai antioksidan untuk membantu meningkatkan kesehatan, yakni polifenol dan flavonoid. Dua antioksidan ini berguna untuk melawan radikal bebas penyebab penyakit untuk mencegah stres oksidatif dan menangkal penyakit kronis.

Penelitian menunjukkan bahwa biji pepaya dapat memusnahkan beberapa jenis jamur dan parasit. Menurut sebuah penelitian tabung reaksi berjudul “Phytochemical and Antifungal Profiles of the Seeds of Carica Papaya L.”, ekstrak biji pepaya efektif melawan tiga strain jamur, termasuk patogen spesifik yang bertanggung jawab menyebabkan infeksi jamur.

Studi lainnya berjudul “Effectiveness of dried Carica papaya seeds against human intestinal parasitosis: a pilot study” menemukan bahwa meminum obat yang terbuat dari biji pepaya kering dan madu secara signifikan lebih efektif dalam membunuh parasit di usus. Namun, penelitian skala besar lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana makan biji pepaya dapat memengaruhi infeksi jamur dan parasit pada manusia.

Advertisements

Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan manfaat buah pepaya. Sejauh ini, bagian pepaya yang banyak dimanfaatkan yaitu daun dan daging buahnya. Namun siapa sangka, jika manfaat biji pepaya juga baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Biji buah pepaya diketahui mengandung mikronutrien esensial yang dilengkapi polifenol dan falvonoid. Kandungan tersebut yang membuat biji buah pepaya memiliki segudang manfaat yang tidak boleh dilewatkan. Melansir dari halodoc.com dan klikdokter.com, berikut manfaat biji pepaya untuk kesehatan.

Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan

1.Dapat  Menjaga Fungsi Ginjal

Ginjal memainkan peran integral dalam kesehatan. Ginjal bertindak sebagai filter untuk membuang limbah dan kelebihan cairan dari tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa makan biji pepaya dapat melindungi dan menjaga kesehatan dan fungsi ginjal.

Advertisements
See also  How to help clients manage stress

Manfaat biji pepaya selanjutnya yaitu dapat menjaga kinerja ginjal. Perlu diketahui bahwa ginjal meruakan organ yang bertugas untuk menyaring cairan yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Maka dari itu, kesehatan ginjal penting untuk dijaga. Salah satu cara untuk memelihara fungsi ginjal yaitu dengan konsumsi biji pepaya. Hal ini dikarenakan biji pepaya memiliki antioksidan yang bisa menghambat kerusakan sel ginjal.

2. Membantu Melancarkan Pencernaan

Sama seperti daging buah pepaya, biji pepaya juga berguna untuk memelihara fungsi pencernaan. Hal ini dikarenakan dalam biji pepaya mengandung serat yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, maka buang air besar menjadi lebih lancar dan risiko sembelit bisa dihindari. Pancernaan yang sehat juga dapat membuat kita terhindari berbagai penyakit pencernaan seperti radang usus, luka usus, dan wasir.

3. Menurunkan Berat Badan 

Kandungan serat dalam biji buah pepaya diketahui bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan serat bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Sehingga nafsu makan lebih terkendali. 10. Menangkal Radikal Bebas Manfaat biji pepaya selanjutnya yaitu dapat membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Biji buah ini mengandung antioksidan polifenol dan flavonoid. Antioksidan ini berguna untuk melawan radikal bebas yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Advertisements

4.Mampu Mencegah Risiko Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam biji pepaya juga berguna untuk mencegah kanker. Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Nutrition and Cancer menyatakan bahwa biji pepaya mempunyai sifat anti kanker karena mengandung nutrisi dan antioksidan didalamnya.

5. Kontrasepsi Alami dan Mengontrol Kesuburan

Manfaat biji pepaya untuk pria dan wanita ternyata bisa menjadi kontrasepsi alami dan menjaga kesuburan yang bebas efek samping. Biji pepaya diketahui bisa memepercepat kehamilan. Sedangkan pada pria, biji pepaya bisa mengurangi produksi sperma tanpa mempengaruhi libido. Namun manfaat ini tidak memberikan efek samping, sebab saat konsumsi dihentikan maka kesuburan akan kembali normal.

6. Dapat Memelihara Kesehatan Organ Hati

Manfaat biji pepaya selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan organ hati. Konsumsi biji pepaya secara rutin minimal dua kali sehari dalam satu bulan dipercaya bisa mengembalikan organ hati yang sehat. Biji pepaya juga berperan sebagai detoks alami untuk organ hati. Hal inilah yang membuat fungsi hati terjaga dengan baik.

Advertisements
See also  COVID-19 and IPF: Fundamental Similarities Found

7. Dapat Melawan Infeksi dalam Tubuh

Biji pepaya juga dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi akibat jamur atau parasit. Konsumsi ekstrak biji pepaya kering dicampur mati dipercaya efektif membunuh parasit yang ada di usus. Hal ini membuat usus dapat bekerja dengan baik.

8. Menghilangkan Uban

Biji pepaya juga diketahui bisa menghilangkan uban di kepala. Manfaat biji pepaya untuk rambut bisa didapatkan dengan cara mengeringkan biji pepaya kemudian ditumbuk halus. Gunakan bubuk biji pepaya secara rutin saat mandi, lalu keramas menggunakan air bersih.

9. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Biji buah pepaya mengandung banyak asam oleat. Kandungan inilah yang membuat biji  pepaya bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Namun konsumsi biji pepaya tidak boleh berlebih agar tidak terjadi efek samping yang bisa menggangu fungsi tubuh.

Advertisements

10. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat biji pepaya selanjutnya yaitu dapat membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Biji buah ini mengandung antioksidan polifenol dan flavonoid. Antioksidan ini berguna untuk melawan radikal bebas yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

11. Memelihara Kesehatan Usus

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa biji pepaya mengandung enzim yang berguna untuk membunuh bakteri dan parasit di usus. Enzim ini dikenal dengan nama proteolitik. Konsumsi enzim ini berperan untuk memelihara organ pencernaan, termasuk organ usus.

12. Bantu Melawan Infeksi Jamur

Studi menunjukkan, biji pepaya dapat membantu tubuh menghadapi infeksi jenis jamur dan parasit tertentu. Dari penelitian tersebut, tiga strain jamur dapat dilawan oleh ekstrak biji pepaya.Meski begitu, penelitian skala besar masih diperlukan terkait manfaat biji pepaya yang satu ini.

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.