Advertisements

Swimmer’s ear: Causes, symptoms and how to treat it

Advertisements

Ini dimulai dengan rasa gatal di dalam telinga Anda. Pembukaan telinga Anda mungkin terlihat sedikit merah. Ada juga ketidaknyamanan saat Anda menarik telinga luar atau mendorong tonjolan kecil di depan lubang telinga Anda. Anda bahkan mungkin memiliki cairan bening yang mengalir dari telinga Anda. Apa yang sedang terjadi?

Ini semua adalah gejala telinga perenang, suatu kondisi yang dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Pada awalnya, telinga perenang biasanya cukup ringan. Tetapi tanpa pengobatan, gejala telinga perenang dapat berubah dari ringan hingga parah, menyebabkan rasa sakit yang memburuk dan komplikasi serius.

Baca terus untuk mengetahui tentang telinga perenang, apa penyebabnya dan kapan harus mendapatkan bantuan.

Advertisements

Apa itu telinga perenang?

Telinga perenang adalah infeksi saluran telinga luar yang membentang dari gendang telinga ke bagian luar kepala Anda. Nama lain untuk telinga perenang adalah otitis eksterna.

Infeksi telinga perenang vs. telinga: Apa bedanya?

Telinga perenang adalah jenis umum dari infeksi telinga yang mempengaruhi telinga luar. Infeksi di telinga bagian dalam dan tengah juga mungkin terjadi.

Advertisements

Satu perbedaan antara telinga perenang dan jenis infeksi telinga lainnya adalah apa yang menyebabkannya. Telinga perenang terjadi ketika benda-benda dari luar masuk ke saluran telinga Anda. Infeksi telinga bagian dalam dan tengah biasanya mengikuti penyakit seperti flu, pilek atau alergi, yang menyebabkan penumpukan cairan atau peradangan di dalam telinga.

Apa saja gejala telinga perenang?

Gejala perubahan telinga perenang, berdasarkan seberapa jauh jaraknya. Mendapatkan perawatan untuk telinga perenang saat masih dalam tahap awal dapat membantu mencegahnya menjadi lebih buruk.

Gejala ringan telinga perenang

  • Gatal di telingamu
  • Beberapa kemerahan di saluran telinga Anda
  • Ketidaknyamanan saat Anda mendorong atau menarik telinga Anda
  • Cairan bening dan tidak berbau keluar dari telinga Anda

Gejala telinga perenang sedang

  • Meningkatkan rasa gatal
  • Sakit telinga yang semakin parah saat Anda mengunyah atau menggerakkan telinga
  • Saluran telinga yang terlihat lebih merah
  • Perasaan penuh di telinga Anda
  • Pendengaran teredam atau gangguan pendengaran
  • Banyak cairan yang keluar dari telinga – mungkin berwarna kuning atau kuning-hijau, dan seringkali berbau

Gejala lanjut telinga perenang

  • Sakit telinga parah yang dapat menyebar ke wajah, leher, atau sisi kepala Anda
  • Pembengkakan di saluran telinga Anda, telinga luar atau kelenjar di leher Anda
  • Kemerahan baik di liang telinga maupun di luar telinga
  • Demam

Tentu saja, jika Anda memiliki saluran telinga yang gatal, merah, dan bengkak, itu tidak berarti Anda memiliki telinga perenang. Anda mungkin memiliki jenis infeksi telinga yang berbeda, alergi atau iritasi kulit. Inilah cara untuk mengetahuinya: jika tidak sakit saat Anda menarik daun telinga Anda, itu mungkin bukan telinga perenang.

Advertisements

Tetapi bahkan jika itu bukan telinga perenang, tetap merupakan ide yang baik untuk berbicara dengan dokter dan mendapatkan perawatan untuk apa pun yang menyebabkan masalah telinga Anda.

Apa penyebab telinga perenang?

Terlepas dari namanya, Anda tidak perlu pergi berenang untuk mendapatkan telinga perenang. Hal ini dapat terjadi setiap kali air kotor, pasir, kotoran atau kotoran lainnya masuk ke saluran telinga Anda dan menetap di sana untuk waktu yang lama atau bersentuhan dengan kulit yang teriritasi, menyebabkan bakteri atau jamur tumbuh.

Biasanya air yang masuk ke telinga akan keluar dengan sendirinya sehingga liang telinga bisa mengering. Kotoran telinga Anda juga dapat membunuh jamur dan bakteri yang ada di air kotor atau kotoran. Tetapi proses ini terganggu ketika Anda mendapatkan telinga perenang.

Advertisements

Bagaimana saluran telinga bisa teriritasi?

Jika kulit saluran telinga Anda terluka atau rusak, kemungkinan besar Anda terkena swimmer’s ear. Berikut adalah beberapa alasan mengapa hal itu mungkin terjadi:

  • Saluran telinga Anda terlalu kering– Jumlah kotoran telinga yang sehat membantu melindungi Anda dari infeksi. Membersihkan telinga terlalu sering dapat melukai kulit, sehingga lebih mungkin terkena infeksi.
  • Anda menempelkan sesuatu di telinga Anda– Jika Anda memiliki kebiasaan meletakkan jari, pena, peniti atau Q-tips di telinga Anda, kemungkinan besar Anda akan merusak kulit saluran telinga Anda. Infeksi lebih mungkin terbentuk jika Anda memiliki kulit yang rusak atau teriritasi di telinga Anda.
  • Anda memiliki kondisi kulit di telinga Anda– Jika kulit Anda teriritasi atau meradang karena eksim atau psoriasis, kemungkinan besar kulit akan retak atau terluka.
  • Anda memakai alat bantu dengar– Anda bisa mengalami iritasi pada saluran telinga jika alat bantu dengar Anda tidak pas atau menyebabkan reaksi alergi. Jika alat bantu dengar Anda tampak tidak nyaman, bicarakan dengan audiolog tentang evaluasi alat bantu dengar.
See also  After Cancer, Abortion Experience Highlights Post-Roe Reality

Bagaimana air bisa tersangkut di telinga Anda?

Biasanya, ketika air masuk ke telinga, air akan keluar dengan cepat dan mudah. Namun terkadang, air sulit mengalir keluar begitu masuk. Berikut beberapa alasannya:

  • Anda memiliki banyak rambut telinga– Rambut di saluran telinga dapat menjebak air kotor atau kotoran.
  • Saluran telinga Anda bengkak– Ini bisa terjadi jika kulit liang telinga terluka atau teriritasi.
  • Ada kotoran telinga yang terkena dampak– Sementara jumlah kotoran telinga yang sehat membuat telinga Anda aman dari telinga perenang, kotoran telinga yang terkena dampak dapat membuatnya lebih mungkin untuk menjebak air atau kotoran kotor, menyebabkan kuman tumbuh.
  • Anda tinggal di iklim yang hangat dan lembab– Jika udara selalu lembab, saluran telinga Anda sulit mengering.

Bagaimana Anda bisa tahu jika Anda memiliki air di telinga Anda?

Jika Anda memiliki air di telinga Anda, telinga Anda mungkin terasa tersumbat dan Anda mungkin memiliki pendengaran yang teredam. Anda mungkin juga mengalami sakit telinga, kehilangan keseimbangan, telinga berdenging, pilek, atau sakit tenggorokan.

Advertisements

Apakah telinga perenang menular?

Tidak, telinga perenang tidak menyebar di antara orang-orang.

Berapa lama telinga perenang bertahan?

Kasus telinga perenang ringan terkadang hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Tetapi jika telinga perenang Anda memiliki gejala lanjut, perlu waktu lebih lama untuk hilang. Dengan pengobatan, telinga perenang kemungkinan akan hilang dalam 7-10 hari.

Apa komplikasi dari telinga perenang?

Jika telinga perenang menjadi lanjut, dapat menyebabkan masalah serius, seperti:

  • Gangguan pendengaran sementara (pendengaran biasanya kembali normal setelah infeksi hilang)
  • Infeksi telinga yang tidak kunjung hilang atau terus datang kembali
  • Kerusakan pada tulang dan tulang rawan di telinga Anda
  • Infeksi di jaringan terdekat, tengkorak, otak atau saraf

Jika Anda mengalami komplikasi setelah infeksi telinga perenang, dokter perawatan primer Anda mungkin menyarankan Anda membuat janji dengan dokter telinga, hidung dan tenggorokan. Mereka berspesialisasi dalam perawatan telinga dan dapat membantu Anda kembali merasakan, dan mendengar, dengan lebih baik.

Kapan saya harus pergi ke dokter untuk telinga perenang?

Bahkan jika Anda memiliki gejala telinga perenang yang ringan, ada baiknya untuk berbicara dengan dokter perawatan primer Anda. Mereka akan dapat menentukan apa yang menyebabkan gejala Anda dan membuat Anda berada di jalan menuju pemulihan.

Cari perawatan medis segera jika Anda mengalami salah satu dari berikut ini:

  • Demam
  • Sakit parah di dalam atau di sekitar telinga
  • Gangguan atau perubahan pendengaran
  • Cairan yang keluar dari telinga Anda yang berwarna kuning, kuning-hijau, atau bau

Dokter Anda akan dapat mengetahui apakah itu telinga perenang dengan melihat ke dalam telinga Anda dan mengajukan beberapa pertanyaan. Jika Anda memiliki nanah yang berasal dari telinga Anda, dokter Anda mungkin mengumpulkan sampel untuk dikirim untuk pengujian.

Anda juga dapat memulai kunjungan Virtuwell untuk telinga perenang kapan saja, siang atau malam hari untuk mendapatkan perawatan untuk telinga perenang. Mereka akan melihat siapa pun yang berusia di atas 5 tahun.

Jadwalkan janji perawatan primer Mulai kunjungan Virtuwell

Bagaimana cara menghilangkan telinga perenang?

Selama janji temu, dokter Anda akan memberikan informasi tentang cara memastikan infeksi Anda tidak bertambah parah. Mereka mungkin merekomendasikan satu atau lebih hal berikut sebagai bagian dari rencana perawatan telinga perenang Anda:

Obat tetes telinga

Obat tetes telinga resep adalah pengobatan umum untuk telinga perenang. Mereka bekerja dengan menenangkan peradangan sekaligus membunuh bakteri atau jamur yang menyebabkan infeksi. Sebagian besar waktu, Anda akan menempatkan tetes di telinga Anda 3-4 kali sehari selama lima hari.

Panas

Memegang kain lap hangat di telinga Anda dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Pilihan lain adalah menggunakan bantal pemanas rendah – pastikan Anda tidak tertidur saat sedang menyala karena Anda bisa membakar diri sendiri.

See also  Haunted for 13 Years by Debt From Childbirth, Then Rescued by a Nonprofit

Obat pereda nyeri yang dijual bebas

Acetaminophen (Tylenol), ibuprofen (Advil atau Motrin) atau naproxen (Aleve) dapat membuat Anda merasa lebih nyaman. Tetapi tidak semua obat cocok untuk anak-anak. Jika Anda tidak yakin apa yang harus Anda berikan kepada anak Anda, hubungi dokter atau perawat Anda.

Jaga telingamu tetap kering

Yang terbaik adalah menjauhkan air dari telinga Anda sampai infeksi hilang. Jika Anda berenang, gunakan topi renang yang pas di telinga Anda dan pertimbangkan untuk menggunakan penutup telinga yang lembut saat mandi atau mandi. Selain itu, bersihkan telinga Anda dengan hati-hati setiap kali basah.

Tips untuk mencegah telinga perenang

Jika Anda pernah mengalami telinga perenang sebelumnya, kemungkinan besar Anda akan mengalaminya lagi. Menjaga air kuman keluar dari telinga Anda sangat membantu mencegah infeksi telinga di masa depan. Anda akan mendapatkan perlindungan terbaik jika Anda tidak berenang di air kotor dan menjauhkan sabun, mandi busa, dan sampo dari saluran telinga. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan penyumbat telinga saat berenang atau mandi – terutama jika Anda pernah menjalani operasi tabung telinga.

Selain itu, lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk melindungi kulit di saluran telinga Anda dan menjaga bagian dalam telinga Anda sekering mungkin.

Bagaimana menghindari iritasi kulit Anda?

Ingat, Anda lebih mungkin terkena telinga perenang jika kulit di saluran telinga rusak. Jadi, apa pun yang Anda lakukan untuk melindungi telinga Anda akan membantu mengurangi kemungkinan telinga perenang.

  • Jangan menempelkan apa pun di telinga Anda.Bahkan Q-tips dan alat penghapus kotoran telinga dapat merusak saluran telinga dan menyebabkan kotoran telinga terkena dampak. Ada cara lain untuk membersihkan telinga Anda tanpa Q-tips.
  • Jangan terlalu sering membersihkan telinga Anda.Sementara kotoran telinga mungkin tampak tidak menarik, ini membantu melindungi telinga Anda dari cedera dan bahkan dapat membunuh bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan telinga perenang.
  • Jika memungkinkan, batasi penggunaan penyumbat telinga dan earbud.Jika Anda sering menggunakannya, mereka dapat mengiritasi saluran telinga Anda atau menyebabkan penumpukan kotoran telinga. Jika Anda memakai penyumbat telinga atau earbud, pastikan semuanya bersih sebelum memasangnya.

Bagaimana cara mengeluarkan air dari telinga Anda?

Jika air kotor terlalu lama berada di telinga Anda, kemungkinan Anda bisa terkena swimmer’s ear. Ini adalah hal-hal yang dapat Anda coba untuk mengeluarkan air dari telinga Anda:

  • Obat tetes telinga yang dijual bebas (OTC)– Obat tetes telinga yang mengeringkan cairan seperti Swim Ear dapat membantu mengeringkan telinga Anda. Alkohol isopropil (gosok) dalam obat tetes telinga bergabung dengan air di telinga untuk membantu mengeringkan telinga Anda.
  • Gunakan pengering rambut– Gunakan pengering rambut pada pengaturan terendah untuk mengeringkan telinga Anda dengan lembut. Arahkan saja ke telinga Anda selama beberapa menit dari jarak yang aman. Pertimbangkan untuk melakukan ini setiap kali Anda mandi atau membuat telinga Anda basah.
  • Mengunyah dan menguap– Menggerakkan mulut dapat mengurangi tekanan di dalam telinga, sehingga air lebih mudah mengalir keluar.
  • Tarik telingamu– Miringkan kepala Anda sehingga telinga yang terpasang menghadap ke lantai. Kemudian tarik kembali bagian atas telinga Anda. Ini meluruskan saluran telinga, memungkinkan air yang terperangkap mengalir.
  • Dorong keluar– Tutup mulut Anda, tutup hidung Anda dan kemudian dorong udara ke pipi Anda. Ini dapat membantu menurunkan tekanan di telinga Anda, memungkinkan air keluar.
  • Buat hisap– Letakkan tangan rata di atas telinga yang sakit dan tekan ke bawah selama beberapa detik. Saat Anda melepaskan tangan Anda, efek isap dapat melonggarkan air yang terperangkap.

Mendapatkan perawatan untuk telinga perenang

Jika Anda melihat gejala telinga perenang, saatnya untuk berbicara dengan dokter. Meskipun gejalanya bisa ringan pada awalnya, telinga perenang yang tidak diobati bisa menjadi lebih buruk dan menyebabkan masalah serius. Kabar baiknya adalah bahwa telinga perenang biasanya hilang cukup cepat dengan pengobatan.

Untuk orang-orang dari segala usia, kunjungan langsung atau video dengan dokter perawatan primer dapat memberi Anda diagnosis resmi dan rencana perawatan yang dipersonalisasi. Atau bagi mereka yang berusia 5 tahun ke atas, perawatan online melalui Virtuwell tersedia kapan saja siang atau malam hari.

Jadwalkan janji perawatan primer Mulai kunjungan Virtuwell

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.